Program Studi (PS)              : Teknologi Industri Pertanian

Jurusan                                   : Teknologi Hasil Pertanian

Fakultas                                  : Teknologi Pertanian

Visi
 Visi Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) adalah menjadi Program Studi Unggul dalam Menyelenggarakan Program Pendidikan Sarjana di Bidang Teknologi dan Manajemen Agroindustri yang Berwawasan Lingkungan dan Bisnis.

Misi
Misi Program Studi Teknologi Industri Pertanian antara lain sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan teknologi dan manajemen agroindustri yang berwawasan lingkungan dan bisnis;
  2. Menghasilkan sarjana teknologi pertanian yang kompetitif yang memiliki keahlian dalam bidang teknologi dan manajemen agroindustri sehingga mampu bersaing baik pada tingkat nasional maupun internasional;
  3. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders agroindustri serta lembaga lainnya di dalam dan di luar negeri

Profil Lulusan
Profil lulusan Teknologi Industri Pertanian merupakan gambaran umum mengenai jenis usaha/bidang pekerjaan yang dapat dicapai oleh seorang sarjana Teknologi Industri Pertanian lulusan FTP Universitas Jember, yang meliputi: Manajer Perusahaan, Wirausahawan Agroindustri, Konsultan Agroindustri, dan Peneliti di bidang Teknologi Industri Pertanian.

Capaian Pembelajaran Program Studi

Sarjana Teknologi Industri Pertanian adalah orang yang mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang industri pertanian berwawasan lingkungan, serta memiliki daya saing tinggi, baik dalam menciptakan lapangan kerja maupun memenuhi pasar kerja di era global. Capaian Pembelajaran (CP) PS Teknologi Industri Pertanian terdiri atas:  CP Sikap dan Tata Nilai, CP PS TIP, dan CP Ciri PS TIP-UNEJ.

  • Capaian Pembelajaran Sikap dan Tata Nilai

CP Sikap dan Tata Nilai adalah kemampuan dasar yang diberikan kepada mahasiswa sebagai bekal dalam mewujudkan tujuan afektif pendidikan berupa sikap dan perilaku positif yang kemudian diintegrasikan dengan matakuliah-matakuliah lain

  • Capaian Pembelajaran Umum PS TEP

Capaian Pembelajaran Umum Lulusan Program Studi Teknologi Industri Pertanian Strata Sarjana harus memiliki kemampuan minimal menerapkan pilar kompetensi Teknologi Industri Pertanian yang meliputi teknologi, manajemen, dan rekayasa system secara inovatif dan integratif, serta mampu membangun jaringan kerja  dan menumbuhkan  jiwa kewirausahaan (entrepreneurhip) yang berkelanjutan.

  • Capaian Pembelajaran khusus Program Studi Teknik Pertanian:

Capaian Pembelajaran khusus Lulusan Program Studi Teknologi Industri Pertanian Strata Sarjana harus memiliki kemampuan minimal mengaplikasikan teknologi, manajemen, dan rekayasa sistem untuk menghasilkan alternatif solusi permasalahan di bidang industri pertanian.

  • Soft Skill

Soft skill yang wajib dimiliki sarjana TIP adalah mengembangkan potensi diri untuk pemutakhiran Kompetensi Utama dan Khusus serta sikap dan perilaku yang mencerminkan perwujudan elemen kompetensi yang dipersyaratkan, dengan cakupan sebagai berikut:

  1. menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK (Information and Communication Technology/ ICT);
  2. mampu berfikir teliti, logis,  dan analitis;
  3. memiliki sifat ulet, kreatif, dan inovatif;
  4. mampu belajar mandiri;
  5. memiliki keberanian dalam mengambil peluang dan resiko;
  6. memiliki jiwa kepemimpinan (leadership) yang bertanggung jawab;
  7. mampu berkomunikasi dengan baik dan menjalin kerjasama;
  8. memahami dan mematuhi aturan perundangan.