Visi MTA

Menjadi Program Studi unggul dalam menyelenggarakan pendidikan magister di bidang teknologi agroindustri yang berwawasan lingkungan dan bisnis.

Misi MTA

  1. menyelenggarakan pendidikan magister teknologi agroindustri yang berkualitas dan berwawasan lingkungan dan bisnis untuk mendukung pembangunan pertanian global;
  2. mengembangkan kreasi dan inovasi bidang teknologi agroindustri yang berwawasan lingkungan dan bisnis;
  3. mengembangkan jaringan kerjasama di bidang penyelenggaraan pendidikan magister teknologi agroindustri dengan lembaga lain di dalam dan luar negeri.

Tujuan Penyelenggaraan Program

  1. Menghasilkan lulusan yang produktif dan inovatif terhadap pemanfaatan peluang di bidang agroindustri didasarkan pada potensi sumberdaya alam yang tersedia secara efektif, efisien, berkelanjutan dan ramah lingkungan;
  2. menghasilkan karya sains dan teknologi agroindustri yang kreatif dan inovatif berwawasan lingkungan dan bisnis bertaraf internasional;
  3. mewujudkan program studi teknologi agroindustri yang bertaraf internasional

Profil Lulusan

Profil lulusan dengan kualifikasi Magister Teknologi Agroindustri untuk memenuhi kebutuhan pengembangan keilmuan dengan profesi dan bidang pekerjaan sebagai berikut:

  1. Peneliti

Peneliti yang dapat mengelola dan mengembangkan penelitian secara komprehensif dalam rangka memecahkan permasalahan di bidang agroindustri sehingga dihasilkan karya inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

  1. Manajer dan Pelaku Bisnis Agroindustri

Manajer dan pelaku bisnis yang dapat mengembangkan ilmu dan teknologi agroindustri untuk mengelola sumberdaya agroindustri yang berwawasan lingkungan dan bisnis.

Capaian Pembelajaran

Kompetensi utama program Magister Teknologi Agroindustri adalah:

(1) mampu mengelola dan mengembangkan penelitian secara komprehensif dalam rangka memecahkan permasalahan di bidang agroindustri sehingga dihasilkan karya inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas (CP-1),

(2)   mampu mengembangkan ilmu dan teknologi agroindustri melalui riset (CP-2), dan

(3)   mampu mengembangkan ilmu dan teknologi agroindustri untuk mengelola sumber daya agroindustri yang berwawasan lingkungan dan bisnis (CP-3).

Kompetensi pendukung program Magister Teknologi Agroindustri adalah: mampu merancang dan mengembangkan industri pangan berbasis hasil perkebunan (KP-1).

Bahan Kajian

Matakuliah yang berkaitan pada bidang kajian dalam kurikulum Magister Teknologi Agroindustri mencakup: (1) Teknologi proses, (2) Manajemen Sistem Agroindustri, (3) Manajemen Mutu dan (4) Teknoekonomi Agroindustri, yang secara rinci dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Teknologi proses produk pertanian berbasis nilai tambah, rantai suplai bahan baku, zero waste, keselamatan kerja dan social acceptance (Green Technology).
  2. Manajemen sistem agroindustri, kajian yang berkaitan dengan perencanaan, pengoperasian dan perbaikan suatu sistem terpadu pada permasalahan sistem usaha
  3. Manajemen mutu, penerapan prinsip-prinsip manajemen (perencanaan, penerapan dan perbaikan) pada bahan (dasar, baku), sistem proses, produk, dan lingkungan untuk mencapai taraf mutu yang ditetapkan.
  4. Teknoekonomi agroindustri, kajian yang berkaitan dengan perencanaan, analisis dan perumusan kebijakan suatu sistem terpadu pada permasalahan bisnis dari sektor