Prestasi Mahasiswa Magister Teknologi Agroindustri

Jember, 21 Oktober 2015. Mahasiswa Magister Teknologi Agroindustri Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember meraih penghargaan yang membanggakan yaitu Pemakalah Terbaik I dalam lomba Student Paper Competition yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) cabang Semarang. Judul makalah yang diangkat berupa total bakteri asam laktat dan sifat fungsional tepung biji nangka hasil fermentasi oleh lactobacillus plantarum, mahasiswa tersebut adalah Dani Setiawan, S.TP mahasiswa angkatan 2015.

Dani setiawan menjelaskan bahwa salah satu bahan pangan lokal yang potensial untuk dikembangkan menjadi tepung adalah biji nangka. Biji nangka merupakan produk samping dari buah nangka yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan mineral. Komponen biji nangka sebesar 20% dari buah nangka. Biji nangka memiliki kandungan karbohidrat 36,7 g/100g, protein 4,2 g/100g, dan energy 165 kkal/100 g. Biji nangka juga mengandung fosfor 200 mg/ 100 g, kalsium 33 mg/ 100 g, dan besi 1 mg / 100 g.

Pemanfaatan biji nangka selama ini masih terbatas sebagai hidangan sampingan. Biasanya masyarakat mengolah biji nangka hanya direbus, dibakar, disangrai, dan digoreng, sehingga kurang bernilai ekonomi. Berdasarkan komposisi kimia penyusunnya, terutama karbohidrat, biji nangka memiliki potensi diolah menjadi bahan setengah jadi berupa tepung. Pengolahan menjadi tepung ini akan meningkatkan nilai ekonomi dari biji nangka. Namun, dalam pemanfaatan tepung biji nangka menjadi produk olahan perlu diketahui sifat fungsionalnya.

Hal ini diperlukan untuk menentukan proses pengolahan dan produk akhir yang diinginkan. Salah satu cara yang dapat digunakan guna meningkatkan sifat fungsional tepung adalah fermentasi. Bakteri asam laktat yang dapat dimanfaatkan sebagai inokulum yaitu L. plantarum. L. plantarum merupakan BAL yang mampu tumbuh pada produk non susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *