Kemenristekdikti Resmikan UNEJ Kampus Lumajang

Drs. H. Asad M.Ag Bupati Kabupaten Lumajang mengaku sangat senang dengan kehadiran kampus Universitas Jember di Kabupaten Lumajang. Hal itu disampaikan dalam acara penanda tanganan berita acara serah terima aset dari pemerintah Kabupaten Lumajang ke Kemenristekdikti dan peresmian Universitas Jember Kampus Lumajang di Pendopo Kabupaten Lumajang, (10/10).

Dalam acara ini Kampus Akademi keperawatan Lumajang yang semula dikelola oleh pemerintah Lumajang diserahkan langsung oleh Bupati Lumajang kepada Kemenristekdikti dan kemudian diserahkan kepada Moh. Hasan Rektor Universitas Jember untuk dikelola.

“Karena sesuai aturan yang ada pemerintah daerah tidak diperkenankan lagi mengelola perguruan tinggi. Maka pilihannya adalah bubar atau merger dengan kampus keperawatan yang ada di UNEJ. Alhamdulillah setelah melaluli proses yang panjang kami dengan iklas menyerahkan kampus kami kepada Universitas Jember untuk dikelola menjadi lebih baik,” ujar As’ad.

Dalam sambutan singkatnya As’ad mengatakan, hadirnya kampus keperawatan di bumi Lumajang akan memberikan dampak banyak dampak positif. Menurutnya, dengan diserahkannya pengelolaan ke UNEJ akan menggerakan perekonomian masyarakat.

“Yang jelas keberadaan kampus kepewawatan UNEJ akan menggerakan ekonomi masyarakat Lumajang kususnya yang ada disekitar kampus keperawatan. Karena nantinya program studi akan bertambah, tenaga kerja yang dibutuhkan juga bertambah, imbuh As’ad.

As’ad berharap perubahan Akper Lumajang menjadi kampus Diploma III  Keperawatan Universitas Jember ini bisa berjalan dengan. Dirinya berjanji, selama masih menjabat sebagai Bupati Lumajang akan terus mengawal agar bisa berjalan dengan baik.

“Tenyunya harapan kami nanti akan ada banyak penambahan program studi baru khususnya bidang kesehatan. Saya yakin hadirnya UNEJ akan menjadikan Lumajang semakin maju dan saya berjanji akan mengawal hal itu,” tutur As’ad.

Moch. Wiwin Darwina, S.E, M.Si Kepala Biro Keuangan dan Umum Kemenristekdikti yang menerima penyerahan aset dari Pemerintah Lumajang sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Lumajang. Menurutnya, Kemenristekdikti  melihat awal pendirian Akper Lumajang adalah sebuah niatan baik.

“Sangat disayangkan manakala akper lumajang kampus yang sudah lama berdiri ini harus dibubarkan. Karena sesuai dengan Undang undang Nomer 23 tahun 2014 bahwa pemda sudah tidak berwenang lagi mengelola pendidikan tinggi maka dari itu harus diserahkan dan menjadi kewenangannya Dikti. Maka langkah merger yang dilakukan oleh pemerintah lumajang adalah sangat strategis,” ujar Wiwin.

Wiwin berharap merger yang dilakukan bisa meningkatkan standart kualifikasi lulusan. Menurutnya, memasuki era globalisasi ini maka kampus keperawatan yang ada di Lumajang bisa berstandar internasional.

“Harapan kami nantinya proses pendidikan di keperawatan yang ada di Lumajang ini bisa semakin lebih baik dan kalau bisa berstandart internasional, agar para lulusan yang dihasilkan bisa bersaing dengan para lulusan tidak hanya secara nasional namun juga mancanegara,” ujar Wiwin.

Sementara itu Rektor Universitas Jember mengatakan, merger yang dilakukan ini merupakan bagian dari Minallah (dari Allah) dalam upaya menyiapkan generasi muda yang terdidik untuk kejayaan bangsa Indonesia. Rektor yakin, adanya proses perkuliahan yang sudah berlangsung sejak lama akan memberikan kemudahan dalam pengelolaan.

“Ini merupakan Ilallah (menuju Allah) pelepasan kampus Lumajang menjadi kampus UNEJ merupakan suatu hal yang telah kita pahami bersama dan bisa deterima oleh semua pihak terkait dalam hal ini DPR dan Bupati Lumajang. Kami sangat bersyukur karena UNEJ diterima dengan baik melalui proses yg baik pula,” ujar Rektor.

Rektor yakin proses pembelajaran yang ada dikampus Keperawatan Lumajang tidak akan ada gangguan. Bahkan menurutnya, hadirnya Universitas Jember akan menjadikan kampus keperawatan yang ada di Lumajang akan semakin kuat dan maju.

“Ini adalah tantangan bagi UNEJ, karena sebelum menjadi kampus Keperwatan Universitas Jember kiprah dan prestasinya sudah luar biasa. Namun saya yakin dengan kerjasama yang baik dan dukungan semua pihak termasuk wali mahasiswa kami mampu untuk terus berkembang dan menjadi lebih baik,” ujar Rektor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *